Mengembalikan Boot Ubuntu 9.10

aooo,,semua, kali ini saya akan memposting tentang, bagaimana cara mengembalikan boot ubuntu 9.10, setelah menginstall sistem operasi lain,contoh nya Wi**ows,
sebenernya saya, sie bukan menginstall Wi**ows, saya kelihangan boot ubuntu 9.10, karena saya menginstall backtrack 4 final, ini menyebabkan, grubnya downgrade ke grub 1.5, jadinya ubuntu 9.10 saya memang ada di grub awalnya, cuma masalahnya saya saya memilihnya, tidak bisa masuk, hal ini mungkin disebabkan karena grub dari backtrack 4, yang aslinya berbasis ubuntu 8.10, yang tidak bisa mengenali filesystem ext4
nah trus gimana caranya mengembalikannya??
beginilah caranya

1. Boot komputer anda dengan ubuntu live cd 9.10, dan masuk ke mode try ubuntu without instalation.
2. Setelah berhasil login ke desktop ubuntu 9.10, klik menu Places di pojok kiri atas dan klik partisi ubuntu yang telah terinstall sebelumnya.
3. muncullah nautilus atau sejenis file explorer. kemudian kita cari alamat lengkap dari partisi dengan mengubah mode text based location bar pada icon yang ada di kiri atas nautilus, copy kan alamat tempat termount partisi ubuntu. misal : /media/9CEA48FEEA48D664
screenshot

4. Buka terminal dan ketikkan perintah
sudo grub-install --root-directory=/media/9CEA48FEEA48D664/ /dev/sda
5. Selesai dan reboot ubuntunya dan masuk ke kedalam ubuntu partisi anda, kemudian ketikkan perintah sudo apt-get install grub-pc, lalu kemudian update grubnya, dengan mengetikkan perintah sudo update-grub, tunggu sampai selesai
6. ubuntu 9.10, Wi**ows, backtrack 4 final. bisa digunakan dengan baik.

selamat mencoba
goes_ananta[at]ilkom.unud.ac.id

0 comments:

Post a Comment