Backtrack 3 Final telah dirilis

BackTrack adalah salah satu distribusi Linux Live popular yang fokus ditargetkan untuk masalah sekuriti sebagai 'penetration testing'. Versi 3 baru saja (2008-06-19) dirilis setelah ia sejak enam bulan (2007-12-14) berstatus beta. Perjalan cukup panjang selama limabelas bulan sejak BackTrack 2 (2007-03-07) memastikan kematangan versi final ini.

 Tanpa perlu di instalasi, dalam waktu singkat langsung dari CDROM semua perkakasan yang disiapkan untuk menganalisa keamanan sistem komputer dapat dijalankan.

BackTrack merupakan gabungan dari dua proyek utama untuk keamanan yaitu - Whax dan Auditor Security Collection. Sejak merger dua distribusi yang melahirkan BackTrack di tahun 2006 dengan rilis BackTrack 1 (2006-05-26), distro ini langsung menanjak popularitasnya dan berhasil meraih peringkat top sebagai #1 Security Live Distribution by insecure.org. BackTrack sampai kini menjadi favorit baik bagi Security professionals maupun pemula sebagai penyadia perkakasan untuk bidang keamanan TI.

Perkakasan (tools) Tools yang ditawarkan BackTrack untuk penelitian keamanan sistem termasuk peranti lunak membobol sistem LAN maupun WLAN, pembongkar Password, scanner pencari celah keamanan seperti Exploit Framework dari Metasploit dan banyak tools terbaik lainnya.

Pada versi 3 dikemas paket-paket versi terkini yang telah dioptimasi, ditingkatkan dan/atau diperbaiki selama masa tenggang pengujian beta enam bulan terakhir. Sebagai contoh adalah perkakas wessid-ng, yang dapat disalahgunakan untuk membongkar WEP-Keys pada WLAN (WiFi). Ia kini lebih mudah digunakan dan dapat melakukan proses otomatis menggunakan 'aircrack-ng Suite'. [Demo Video klik disini].

Dari sejarah BackTrack tercatat, berbagai distro awalnya telah dicoba sebagai basis distribusi, namun saat ini BackTrack menggunakan Slackware linux sebagai basis dan live-CD scripts terkait berasal dari Tomas M. (www.slax.org). Setiap paket, konfigurasi kernel dan script, menurut pengembangnya telah dioptimasi untuk penggunaan sebagai 'security penetration testers'.

0 comments:

Post a Comment