sekilas tentang linux dan ubuntu

Apa itu Linux?

* Ubuntu - Linux untuk Umat Manusia!


Kernel Linux adalah jantung dari Sistem Operasi Ubuntu. Sebuah kernel adalah bagian penting dari sistem operasi apapun, fungsinya adalah untuk menjembatani komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak.

Linux dibuat pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds. Pada waktu itu, Linux hanya berjalan pada sistem i386, dan pada dasarnya adalah tiruan dari kernel UNIX, yang dimaksudkan untuk memanfaatkan arsitektur baru i386 waktu itu.

Saat ini, terima kasih atas jasa upaya pengembangan yang besar jumlahnya oleh orang-orang di seluruh dunia, Linux praktis dapat dijalankan dalam setiap arsitektur modern.

Kernel Linux telah menjadi suatu kepentingan ideologis seperti pada hal teknis. Ada sekelompok komunitas masyarakat yang percaya atas cita-cita dari perangkat lunat bebas dan meluangkan waktu mereka untuk membantu membuat teknologi open source menjadi lebih baik.

Masyarakat dalam komunitas inilah yang memberikan prakarsa kepada Ubuntu, komite standar yang menentukan pengembangan Internet, organisasi seperti Yayasan Mozilla, yang membuat Mozilla Firefox, dan proyek perangkat lunak lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang dari semua ini Anda telah memperoleh keuntungan di masa lalu.

Semangat open source, biasanya dikaitkan dengan Linux, mempengaruhi pengembang perangkat lunak dan pengguna di mana pun untuk menggerakkan komunitas dengan tujuan yang sama.

tentang ubuntu

Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan masyarakat dan hubungan antara satu sama lain. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan "oo-BOON-too") dipandang sebagai konsep tradisional Afrika, yang dianggap sebagai salah satu asas pendirian republik baru Afrika Selatan dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali Afrika.

Terjemahan singkat dari makna Ubuntu adalah "rasa perikemanusiaan terhadap orang lain". Terjemahan lainnya yaitu: "kepercayaan atas ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia".




"Orang dengan ubuntu adalah yang terbuka dan bersedia untuk orang lain, mendukung yang lain, tidak merasa terancam karena orang lain lebih trampil dan cakap, karena dia memiliki keyakinan bahwa dia termasuk dari bagian besar dan akan sedih bila orang lain dihina atau akan sedih ketika orang lain tersiksa dan tertekan."

Perangkat Lunak Bebas


Proyek Ubuntu, secara keseluruhan, berpegang pada prinsip pengembangan perangkat lunak bebas; setiap orang diajak untuk menggunakan perangkat lunak bebas, memperbaikinya, dan menyebarkannya.

"Perangkat Lunak Bebas" bukan berarti gratis (sekalipun Ubuntu sudah berkomitmen untuk juga selalu gratis). Perangkat lunak bebas berarti Anda harus dapat menggunakannya seperti apapun yang Anda mau: kode sumber perangkat lunak bebas tersedia untuk diunduh (download), diubah, diperbaiki, dan dipergunakan dengan cara apapun oleh siapa saja. Selain keuntungan idiologis, kebebasan ini juga memiliki kelebihan teknis: saat melakukan pengembangan program, kita dapat memanfaatkan dan melanjutkan hasil kerja keras orang lain. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan perangkat lunak yang tidak bebas, pengembangan program harus dilakukan dari awal. Alasan yang inilah yang menyebabkan pengembangan perangkat lunak bebas menjadi cepat, efisien, dan menyenangkan.

Informasi lebih lanjut mengenai perangkat lunak bebas serta filosofi ideologis dan teknis yang melatarbelakanginya dapat Anda temukan di situs web GNU.

Perbedaan

Ada banyak sistem operasi berbeda dengan dasar Linux: Contoh Debian, SuSE, Gentoo, Red Hat, dan Mandriva. Ubuntu adalah salah satu pesaing dalam dunia yang penuh dengan kompetisi ini. Jadi apa yang membuat Ubuntu berbeda?

Berbasis pada Debian, salah satu distribusi yang diterima secara luas, maju dari segi teknologi dan didukung dengan baik, Ubuntu bertujuan untuk membuat distribusi yang menyediakan sistem Linux untuk komputasi desktop dan server yang selalu up-to-date. Ubuntu menyertakan banyak paket yang sudah dipilih dengan teliti dari distribusi Debian dan menggunakan sistem manajemen paket yang handal untuk mempermudah instalasi dan penghapusan program dengan bersih. Tidak seperti kebanyakan distribusi yang mengirimkan perangkat lunak dengan jumlah besar yang mungkin atau tidak digunakan, daftar paket dalam Ubuntu dikurangi hingga hanya aplikasi-aplikasi penting dan berkualitas tinggi yang ada pada Ubuntu.

Dengan memusatkan pada kualitas, Ubuntu menghasilkan lingkungan komputasi yang tahan banting dan kaya fitur, yang cocok untuk dipakai di lingkungan rumah maupun komersial. Projek ini menghabiskan waktu yang diperlukan untuk fokus ke detil lebih halus dan dapat meluncurkan sebuah versi dengan fitur dari perangkat lunak terbaik dan terbesar hari ini setiap 6 bulan. Ubuntu tersedia untuk arkitektur i386 (prosesor 386/486/Pentium(II/III/IV) dan Athlon/Duron/Sempron), AMD64 (Athlon64, Opteron, dan prosesor Intel 64-bit yang baru), dan Sun UltraSPARC.

Desktop

Desktop adalah apa yang anda saksikan setelah anda login ke komputer anda dan apa yang anda gunakan untuk mengelola dan menjalankan aplikasi. Lingkungan desktop bawaan Ubuntu adalah GNOME, platform pengembangan dan keluarga desktop UNIX dan Linux terdepan.

Anda juga dapat memasang lingkungan desktop KDE dan Xfce, yang memiliki penampilan khas masing-masing. KDE dan Xfce tersedia pada Ubuntu melalui projek Kubuntu dan Xubuntu. Anda bahkan dapat memasang versi Ubuntu yang hanya-KDE atau hanya-Xfce bila anda kehendaki.

Nomor Versi dan Rilis

Skema penomoran versi Ubuntu didasakna pada tanggal rilis sebuah versi dari distribusi. Nomor versi berasal dari tahun dan bulan rilis, bukan mencerminkan versi sebenarnya dari perangkat lunak.

Rilis pertama kami (Warty Warthog) diterbitkan Oktober 2004 jadi versinya adalah 4.10. Versi ini (Hardy Heron) dirilis April 2008 jadi nomor versinya adalah 8.04.

Dukungan dan Bantuan

Ubuntu dikelola oleh komunitas yang tumbuh dengan cepat. Proyek ini disponsori oleh Canonical Ltd., perusahaan yang didirikan oleh Mark Shuttleworth. Canonical memperkerjakan pengembang inti Ubuntu dan menawarkan jasa sokongan dan konsultasi untuk Ubuntu.

Canonical Ltd. juga mensponsori beberapa proyek perangkat lunak Open Source lain, informasi mengenai ini bisa ditemukan pada situs web Canonical.

0 comments:

Post a Comment